Sejarah Kambing Etawa

Sejarah Kambing Etawa di Indonesia

Kambing Etawa , , , 0 Comments

Selamat datang di website SusuKambing.org, Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Kambing Etawa di Indonesia. Kambing etawa awalnya adalah jenis kambing yang berasal dari negara India. Kambing etawa India sering disebut dengan sebutan kambing Jamnapari. Ciri ciri fisik sangat khas bila dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. Ciri ciri kambing jamnapari / kambing etawa asl India memiliki fisik tinggi besar, Postur tinggi kambing jantan umumnya adalah 90 sentimeter hingga 127 sentimeter, dan kambing etawa betina kisaran 92 sentimeter saja. Dari segi berat badan kambing etawa jantan bisa mencapai 91 kilogram beratnya, dan yang betina rata rata hanya 63 kilogram. Bentuk fisik kambing jenis ini memiliki bentuk telinga yang panjang dan terkulai ke bawah (terjuntai panjang). Bentuk dahi dan hidungnya cembung (pesek), melengkung atau bengkok, seperti hidungnya tentara Romawi. memiliki tanduk yang pendek. Kambing etawa mampu menghasilkan susu sampai 3 liter seharinya.

Sejarah Kambing Etawa

Warna kambing Jamnapari kebanyakan adalah Putih Bersih. Bulunya pendek, akan tetapi pada bagian paha dan kaki belakang memiliki bulu yang lebih panjang. Lehernya panjang dan kuat dan selalu lurus tegak. Punggungnya melengkung ke bawah dan sangat kuat. Ekornya pendek , seperti ekor kelinci.

Kuping yang menjuntai panjang kebawah, merupakan ciri yang sangat unik dan menjadi dasar perilakunya yang nampak sangat aneh. Pada anak Jamnapari yang baru berumur sekitar enam bulan, kupingnya bisa mencapai 20 cm panjangnya, sedangkan pada yang dewasa panjangnya bisa mencapai lebih dari 30 cm.

Sejarah Awal mula kambing etawa masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan, kambing etawa masuk ke Indonesia dan disilangkan (atau disebut dengan istilah hibrida) dengan kambing lokal sehingga menghasilkan keturunan kambing lokal asli Indonesia yang sering disebut dengan Kambing PE atau Kambing Peranakan Etawa. Kambing PE inilah yang sekarang dibudidayakan dan dikembangbiakkan untuk diambil susu nya.

Dewasa ini susu kambing etawa diproduksi dan diolah menjadi susu kambing etawa bubuk organik untuk mempermudah dalam pendistribusiannya dan instan dalam penyajiannya. Karena pada dasarnya susu kambing segar tidak dapat bertahan lama. Untuk mendistribusikan susu kambing etawa cair perlu dalam keadaan beku. Hal ini cukup merepotkan dalam pendistribusian. Untuk itu para pengembang dan produsen susu kambing etawa memilih proses produksi untuk menjadikan susu etawa cair menjadi susu kambing etawa bubuk. Dewasa ini sudah banyak sekali produk susu kambing etawa bubuk yang bisa dengan mudah anda beli online di Internet. Merk merk susu kambing etawa bubuk diantaranya adalah susu kambing etawa GMP Nutri, susu kambing etawa E-Goat Nutri, susu kambing etawa Super E, susu kambing etawa Aliffa, susu kambing etawa Bio Nutri, susu kambing etawa B-eta, susu kambing etawa SPS, susu kambing etawa Etawaku Super, susu kambing etawa Wahida, susu kambing etawa Pro Goat, susu kambing etawa Etawaku, dan lain lain.

Sekian artikel kita kali ini tentang Sejarah Kambing Etawa di Indonesia. Di lain kesempatan kita akan membahas seputar susu kambing etawa dan manfaatnya bagi kesehatan. Sampai bertemu dilain waktu.

Susu Kambing Etawa Super E
pesan sekarang